Memberi “Prioritas Lebih” kepada Lady Bikers

lady-bikerSeiring dengan mudahnya memperoleh motor dan gencarnya iklan-iklan motor di televisi maupun radio dan media cetak. Maka tak heran saat ini kita bisa melihat banyak wanita menjadi penunggang kuda besi alias motor, biasanya di sebut Lady Biker. Nah masalahnya tidak semua Lady Biker bisa dengan sempurna mengendarai kuda besi, kebanyakan yang dipakai adalah jenis matic. Walaupun ada juga yang memakai sistem manual atau bahkan yang lebih keren adalah sport😀. Untuk itu Saya mau mengajak pembaca untuk memberikan “prioritas” dan perhatian lebih kepada Lady Bikers ini, walaupun mereka tidak meminta. Walaupun tidak semua Lady Bikers berjalan lambat😀 jangan kaget jika Anda menemui Lady Bikers yang berjalan kencang dengan motor sport hehehe

1. Memberi Prioritas dengan memberikan jalan terlebih dahulu kepada Lady Biker, karena biasanya suka grogi buat yang baru bisa / setengah bisa tapi udah nekad ke jalan raya. Memang terkadang suka “ribet” tapi kita harus menghargai mereka (Lady Bikers). Misal untuk belok, memotong atau mereka didepan kita ya sedikit mengalah, kasih Lady Biker untuk jalan pelan-pelan. Bro / Sis harus sadari tidak semua pengendara motor terlebih Lady Bikers skill ridingnya tidak seahli / sebiasa Anda.

2. Memberi Prioritas dengan cara tidak memotong Lady Bikers secara “mengagetkan, yaitu antara lain : memotong dengan jarak yang sangat minim / tipis disisi Lady Bikers. Atau menggeber-geber knalpot racing atau menekan klakson keong / kebo dengan “over dosis” atau berlebihan dibelakang Lady Bikers, kasihan Bro / Sis karena mereka jadi panik salah-salah bisa jatuh, kan kasihan. Mungkin bagi Anda, cara memotong “tipis” adalah hal yang biasa (buat yang sudah berpengalaman, it’s oke) tapi buat Lady Bikers junior yang baru seminggu dijalan, hal ini sangat berbahaya buat Anda juga Lady Biker. Sebaiknya memberi “ruang lebih” jika Anda ingin memotong Lady Bikers supaya mereka tidak panik / kaget.

3. Memberi bantuan kepada Lady Bikers saat mereka mengalami masalah, biasanya bikers lebih “kompak” atau solider dibanding sesama pengendara mobil. Nah Saya sendiri sering melihat Lady Bikers jatuh dijalan oleh karena :

  • Grogi dijalan
  • Terlalu pelan sehingga motor oleng
  • Tehnik menikung / berbelok yang belum benar
  • Tersenggol mobil / bikers lain

Nah sebagai bikers / pengendara mobil, mungkin bikers lebih mudah untuk berhenti dan menolong tetapi tidak menutup kemungkinan mobil juga “bisa” menolong jika mau. Kebanyakan sih mobil tidak mau / tidak perduli karena takut “ketempuan” dikira yang nyenggol.  Kita dapat membantu Lady Bikers dengan cara :

  • Untuk mobil, saat ada / melihat kejadian Anda bisa berhenti perlahan sambil menghidupkan “lampu hazard” agar pengendara dibelakang Anda bisa lebih hati-hati (ini usulan Saya, semoga sesuai dengan tehnik Safety Riding). Hal ini paling tidak mengurangi resiko Lady Bikers “dihajar” oleh kendaraan dari belakang
  • Untuk motor mungkin bisa memberikan “sinyal tangan” sambil berhenti step by step, agar bikers / mobil dibelakang Anda bisa sedikit menahan kecepatannya dengan tujuan yang sama, yaitu agar Lady Bikers tidak diseruduk kendaraan dibelakang Anda.
  • Cobalah berhenti sebentar dan membantu Lady Bikers, walau hanya sekedar membangunkan motor dan mendorong ke tempat yang aman, menolong Lady Bikes ketempat yang aman. Setelah itu segera menyingkirkan kendaraan Anda / segera jalan, agar tidak menimbulkan kemacetan.

Ya itulah antara lain ajakan dan usulan Saya kepada pembaca untuk menyikapi Lady Bikers.  Saya mengajak Bro / Sis seperti ini karena saat kita melihat / bertemu Lady Bikers dijalan, kita harus berpikir seandainya istri/anak/saudari/ibu/ponakan,dst nya itu adalah keluarga kita tentu kita tidak akan memperlakukan mereka sembrono. Atau jika salah satu keluarga kita adalah Lady Bikers, jika terjadi hal-hal seperti diatas (maaf tidak mengharapkan) tentu yang menolong / membantu adalah orang lain karena Lady Bikers mungkin saja tidak jalan bersama Anda.

So .. jika ingin jalanan rapi, teratur, safety riding dan tertib mulailah dari diri Anda terlebih dahulu.

2 Tanggapan to “Memberi “Prioritas Lebih” kepada Lady Bikers”

  1. maaf,
    .
    menurut saya ini ajakan yang cenderung tidak mendidik.
    .
    1. bagaimana memberikan prioritas jika pengendara yang akan diberi prioritas tidak/belum mahir berkendara. berarti pada saat membuat SIM tidak melalui test yang benar. karena berkendara di jalan tidak hanya dengan modal nekat.
    2. memotong pengendara lain dengan sembrono adalah tindakan yang salah. oleh karena itulah jangan lakukan hal ini selain kepada ladybiker juga kepada pengendara lain.
    3. dalam hal tolong-menolong, seharusnya tidak pandang bulu. tolong semua yang bisa ditolong.
    .
    So .. jika ingin jalanan rapi, teratur, safety riding dan tertib mulailah dari diri Anda terlebih dahulu.
    .
    dan patuhi peraturan, jangan buat peraturan sendiri.

  2. tigerhungry Says:

    Saya setuju dengan pendapat Bro Pengendara, tetapi kenyataan yang ada dilapangan adalah tidak semua ladybiker “bisa” mengendarai kendaraan dengan baik, bahkan bisa dibilang “nekad” karena belum begitu bisa sudah berkeliaran dijalanan. Itu fakta yang kita tidak bisa tutupi, nah ajakan Saya untuk mengantisipasi hal2 ini. Kalo mau dilihat dari sisi peraturan dan safety riding ya yang pasti ini tidak benar. Ajakan Saya disini untuk menghindari terjadi nya kecelakaan terhadap ladybikers yang belum bisa mengendarai motor dengan baik. Thks untuk masukan Bro Pengendara.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: