Krisis, Konsumen Pilih Motor Bebek

Penjualan sepeda motor jenis bebek tahun ini diprediksi akan meningkat. Kondisi krisis keuangan membuat konsumen lebih memilih produk automotif yang murah dan hemat bahan bakar.

General Manager Motorcycle Marketing Division PT Astra Honda Motor (AHM) Sigit Kumala mengatakan, tahun ini porsi motor bebek terhadap total pasar diperkirakan meningkat dari posisi 63 persen pada 2008 menjadi sekira 65 persen.

“Dalam kondisi seperti ini masyarakat akan lebih memilih produk yang murah dan hemat bahan bakar. Motor bebek merupakan jawaban dari alat transportasi yang paling ekonomis,” ujar Sigit.

Menurut Sigit, tambahan penjualan disegmen bebek dipicu pengalihan penjualan motor sport ke motor bebek. Dia memperkirakan porsi motor sport terhadap total pasar akan menurun sekira 7 persen pada tahun ini. “Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pasar motor sport biasanya akan mengalami kontraksi terparah saat krisis karena harganya lebih mahal,” katanya.

Wakil Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Siswanto Prawiroatmodjo menambahkan, masyarakat tetap memiliki kebutuhan akan transportasi. Sepeda motor merupakan alat transportasi yang paling ekonomis.”Dari seluruh jenis motor yang ada, bebek merupakan produk yang paling ekonomis. Jadi sudah pasti akan naik tahun ini penjualannya,” papar Siswanto.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: