Jubah Penghilang!

Ini peneliti mau menyaingi Harry Potter yang punya jubah penghilang, salut. Memang tehnologi yang ada saat ini sepertinya berasal dari komik / hayalan yang menjadi kenyataan. Asal saja nanti hasilnya tidak dipakai dan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

———

Sebuah penemuan baru bisa menjadi sinyal terobosan teknologi terdahsyat. Ilmuwan China bekerjasama dengan AS mengumumkan tinggal selangkah lagi bisa berhasil membuat jubah penghilang.

Desain matematika komplek yang disebut algorithma membuat pengembangan itu bisa terjadi. Insinyur di Duke University Carolina Utara berhasil membuat apa yang disebut “metamaterial.”

“Material baru itu dapat memandu gelombang elektromagnetik di sekitar obyek dan bisa melewati volume kosong,” kata tim yang mempublikasikan penelitian itu di journal Science edisi Januari.

Peneliti senior tim itu, David R. Smith mengatakan jubah penghilang ini mirip fatamorgana yang telihat di kejahuan saat hari panas.

“Yang terlihat seperti air mengambang di jalanan, tapi kenyataannya refleksi dari angkasa. Pada contoh itu yang terlihat adalah fatamorgana. Dengan efek itu kami membuat fatamorgana dengan desain baru,” katanya.

Tim yang didukung oleh National Science Foundation of China dan US Air Force Office of Scientific Research mengembangkan prototip 2006 dan terbukti bisa berfungsi.

Smith mengatakan jubah penghilang itu jauh lebih superior dibandingkan desain original.

“Perangkat baru dapat menghilang dengan spektrum lebih luas, mendekati tak terbatas dan sejauh infra merah dan cahaya. Pendekatan yang kami lakukan membantu memperlusa dan memperbaiki kemampuan tak kelihatan dari berbagai gelombang,” katanya.

Sumber : inilah.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: