Sexualitas dan Gagal Ginjal

Banyak orang berpikir bahwa seksualitas hanya mengacu pada kegiatan persenggamaan. Seksualitas berarti banyak faktor, yaitu bagaimana orang-orang merasa mengenai diri mereka, bagaimana mereka berkomunikasi dengan orang lain dan bagaimana keinginan mereka untuk membangun hubungan. Sebagai tambahan, seksualitas juga mencakup tentang kegiatan seksual yang menyenangkan, bisa hubungan intim atau tidak, seperti menyentuh, berpelukan dan berciuman. Menjadi orang yang aktif secara seksual menyehatkan. Berhubungan intim dapat memberikan suatu perasaan normal untuk orang-orang yang memang memiliki sakit kronis

Bagaimana penyakit ginjal mempengaruhi kehidupan seksual?
Penyakit ginjal dapat menyebabkan perubahan fisik dan emosional yang dapat mempengaruhi kehidupan seksual Anda. Perubahan kimia yang terjadi dalam badan mempengaruhi hormon, sirkulasi darah, fungsi syaraf dan tingkat energi. Perubahan ini biasanya mengurangi rasa ketertarikan seksual atau kemampuan seksual. Perubahan fisik biasanya dapat mengurangi keinginan untuk melakukan hubungan seksual apalagi bagi orang yang mengidap penyakit ginjal. Banyak obat-obatan untuk menyembuhkan tekanan darah tinggi dapat berpengaruh pada fungsi seksual
Penggunaan steroids dapat meningkatkan berat badan, menimbulkan jerawat dan tumbuhnya/ kehilangan rambut yang tidak diinginkan. Akibat luka bedah/ luka operasi dapat menyebabkan seseorang merasa tidak menarik. Perubahan medis dan gambaran diri dapat mempengaruhi ketertarikan dan fungsi seksual.

Apakah berhubungan intim aman bagi pasien penyakit ginjal?
Pasien dan pasangannya tidak perlu khawatir bahwa aktivitas seksual dapat menyebabkan kematian atau menyakiti akses dialisis atau ginjal transplant. TIdak ada pembatasan untuk pasien ginjal untuk melakukan aktivitas seksual. Apabila aktivitas seksual tidak menggantikan atau menambah tekanan di tempat akses, maka kegiatan tersebut tidak menimbulkan kerusakan. Setelah mendapat transplantasi ginjal, sangatlah penting untuk menunggu luka operasi mulai sembuh. Saat dokter sudah menyatakan bahwa pasien tersebut aman untuk melakukan kegiatan seksual, tidak ada alasan untuk khawatir bahwa kegiatan seksual dapat merusak ginjal transplant. Rasa takut dapat menyebabkan orang-orang untuk menghindari kegiatan seksual walaupun tidak perlu. Untuk beberapa pasangan, hubungan intin memang tidak dapat dilakukan. Beberapa dapat merasa bahwa hubungan intim tidak penting lagi seperti sebelumnya. Kegiatan seperti menyentuh, berpelukan dan berciuman memberikan rasa hangat dan kedekatan walaupun hubungan intim tidak dilakukan. Terapist seks professional dapat merekomendasikan beberapa metode alternative.

Apakah perkembangan seksual seorang anak akan berpengaruh karena gagal ginjal?
Hal ini tergantung dari usia anak tersebut ketika gagal ginjal terjadi. Anak kecil dengan penyakit ginjal biasanya akan menjadi lebih kecil daripada anak seusianya. Mereka juga lebih lambat berkembang secara seksual.
Anak-anak yang sedang menjalani dialisa kemungkinan mengalami perkembangan seksual yang lebih lambat daripada anak-anak yang menjalani transplantasi. Apabila remaja mengalami penyakit ginjal, perkembangan seksual akan melambat atau berhenti. Contohnya, remaja wanita tidak mendapatkan menstruasi. Perubahan yang disebabkan oleh gagal ginjal dan pengobatannya akan membuat remaja merasa berbeda dari teman – temannya. Orangtua harus mengungkapkan kekhawatiran mengenai perkembangan dan pertumbuhan seksual anak mereka ke dokter. Orangtua dari anak yg sakit harus berjuang melawan keinginan untuk melindungi anak mereka dari kenyataan untuk tumbuh dewasa. Harga-diri, kemandirian, dan identitas seksual sangatlah penting untuk remajah. Orangtua perlu berbicara secara terbuka mengenai issue-issue fisik, emosional dan seksual. Support group untuk anak-anak dan remaja mengenai penyakit ginjal dapat sangat membantu. Hubungi pekerja sosial atau Yayasan Ginjal Nasional untuk mengetahui apakah support group tersedia di dekat anda.

Dapatkah Anda tertular AIDS dari transplantasi dan beresiko menularkan AIDS kepada pasangan Anda?

Transplantasi ginjal dan transfusi darah sekarang ini secara rutin di uji untuk virus AIDS. Resiko untuk terkena AIDS dari transplantasi ataupun transfusi pada beberapa tahun terakhir sangatlah rendah. Karena itu, resiko menularkan AIDS ke pasangan karena transplantasi sangatlah rendah. Kebanyakan department kesehatan dan klinik kesehatan dapat melakukan tes darah yang rahasia namun sederhana untuk HIV. Sampai diketahui hasilnya, pakailah kondom untuk meminimalisasi penularan virus HIV ke pasangan. Melakukan sex yang aman penting untuk semua orang.

Dapatkah transplantasi ginjal dari orang yg berbeda jenis kelamin mempengaruhi saya secara seksual?
Tidak. Jenis kelamin pendonor ginjal tidak mempunya pengaruh fisik terhadap kemampuan fungsi seksual maupun orientasi seksual penerima donor (hetero, homo or biseksual).

Apakah pasien transplantasi mempunyai masalah yang lebih sedikit dibandingkan pasien dialysis? Pada umunya, pasien transplantasi mempunyai masalah yang lebih sedikit dibandingkan pasien dialysis karena mereka mungkin mempunyai sakit fisik yang sedikit dapat mempengaruhi kehidupan sexual mereka seperti kelelahan maupun anemia. Tapi menjalani transplantasi tidak berarti membuat mereka kurang mengalami masalah seksual. Tingkat ketertarikan dan kemampuan untuk melakukan hubungan sex bervariasi tergantung berbagai hal seperti kualitas hubunga, usia, tingkat stress dan kondisi fisikal.

Apakah masalah seksual dapat semakin buruk apabila terus menerus dialysis dilakukan?
Tergantung individunya. Mengalami gagal ginjal, seperti juga penyakit kronis lainnya, berarti tubuh agak melemah secara umum dalam batas kesehatan. Walupun demikian tubuh akan menyesuaikan pada pengobatan yang dilakukan dan pasien ginjal seharusnya merasa lebih baik secara fisik maupun emosional dan keinginan seksual akan kembali seperti semua. Perlu untuk bersabar dan butuh waktu agar tubuh menyesuaikan dengan penyakit ginjal dan pengobatan. Lebih fleksible dan mempunya sikap yg positive terhadap diri Anda dan mengenai seks dapat menurunkan kemungkinan mendapatkan masalah seksual yang berat.

Apakah gampang terlihat masalah seksual yang disebabkan oleh problem fisik atau emosional?
Ya. hal ini memerlukan catatan medis yang komplit, psikologis dan seksual dari pasien dan pasangannya. Pengobatan harus diperiksa apakah mempunyai efek samping seksual dan diganti apabila memungkinkan. Test darah harus termasuk tingkat hormon dan tingkat gula darah untukk dilihat diabetes. Laki-laki harus diperiksa apakah syaraf dan aliran darah ke penis lancar sehingga dapat terjadi ereksi. apabila tidak ditemukan masalah fisik, maka sebab emosional harus diperhitungkan.

Apa yg harus dilakukan apabila masalahnya adalah fisik?
beberapa pilihan tersedia bagi laki-laki yang alat kelaminnya tidak dapat ereksi. Operasi implant untuk penis yaitu dengan menempatkan semacam pipa yang dapat diisi didalam penis. beberapa kasus, operasi dapat memperlancar peredaran darah ke penis. Apabila laki-laki tidak ingin operasi, dapat diberikan hormon pria. pengobatan oral maupun melalui suntikan dapat menyebabkan ereksi. Peralatan yang dipasang external dapat membuat penis ereksi untuk melakukan hubunga intin, tapi dibutuhkan waktu dan kekuatan tangan. Dokter dengan pelatihan spesial di area impotensi dapat memberikan informasi lengkap dan pilihan2 pengobatan berikut keuntungan, ketidak untungan dan efek samping.
Pasien wanita biasanya mengalami kekeringan di alat kelaminnya dan mengalami kesakitan ketika melakukan aktivitas seksual. Tingkat hormon yang rendah dapat menyebabkan kekeringan di alat kelamin wanita. Gunakan lubrikan yang berbahan dasar air untuk vagina yg dapat menurunkan atau menghentikan sakit yang disebabkan oleh aktivitas seksual. Jangan gunakan petroleum jelly karena dapat meningkatkan resiko infeksi. Sebagian wanita tidak dapat mencapai klimaks atau lebih membutuhkan waktu lebih lama supaya dapat terangsang karena kurangnya energi, perubahan hormon atau medikasi karena tekanan darah yang tinggi. Perubahan di pengobatan untuk tekanan darah atau hormon ekstra mungkin dibutuhkan. Dokter anda dapat memberikan informasi untuk pilihan2 tindakan yang ada.

Apa yang bisa dilakukan apabila problemnya psikologis?
Merasa khawatir, cemas dan depresi normal dirasakan ketika dihadapkan oleh penyakit berat seperti gagal ginjal. Emosi ini dapat menyebabkan kehilangan engeri dan menurunkan ketertarikan di berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan seksual. Apabila masalah seksual terjadi, rasa malu dan bersalah biasanya muncul. Ketakutan bahwa masalah tersebut akan terjadi lagi dapat menyebabkan orang tersebut menghindari situasi seksual. Pelatihan relaksasi dapat membantu mengendalikan ketakutan ini. Latihan dan kegiatan fisik yang teratur dapat membantu pikiran sibuk dan meningkatkan kondisi fisik dan image tubuh. Apabila masalah seksual berlanjut, terapis seks dapat membantu. Walaupun masalah tersebut masalah psikologis, beberapa pilihan pengobatan yang disebutkan untuk masalah fisik mungkin dapat membantu.

Apakah therapy seksual dapat membantu?
Therapy seks berhubungan dengan masalah seksual untuk pasangan dan individu. Langkah awal untuk therapy sex adalah edukasi seksual untuk individual dan pasangan. Therapist mungkin memberikan tugas yang harus dilakukan dirumah. Tugas ini termasuk latihan komunikasi, aktivitas menurunkan stress dan latihan cara-cara meningkatkan kemampuan untuk memberikan dan menerima sentuhan yang dapat dinikmati. Therapy seksual dapat membantu masalah-masalah seperti rendahnya minat melakukan hubungan seksual, kesulitan mendapatkan orgasme ataupun ejakulasi dini, kesakitan ketika melakukan aktivitas seksual dan kesulitan ereksi. Therapy juga dapat membantu mengatasi efek dari sakit kronis dalan fungsi seksual.

Apa yang dapat dilakukan oleh pasien untuk menolong diri mereka sendiri?
Jadilah lebih aktif dalam mempelajari penyakit ginjal dan pengobatannya. Ikuti diet yang diajurkan dan batas asupan cairan. Makan semua obat dengan benar dan beritahu dokter apabila ada efek samping. Tanyakan program latihan untuk membentuk otok, kekuatan dan ketahanan. Dokter dan ahli diet anda dapat menyarankan program untuk menurunkan atau menambah berat bada, apabila diperlukan. Jalankan hidup sehat. hati-hati tentang hal lain yang dapat mempengaruhi fungsi seksual anda, seperti minum terlalu banyak alkohol dan merokok.

Sumber : National Kidney Foundation

Disalin dari : http://www.ygdi.org

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: