Pasar AS Akan Semakin Tertutup

Pertengahan bulan ini, Kongres Amerika Serikat (AS) akan mengesahkan Undang-Undang baru yang sangat proteksionistis. American Recovery and Reinvestment Act akan menjadi dasar gerakan pembelian produk dalam negeri dan pengenaan berbagai hambatan terhadap barang-barang impor.

RUU itu juga akan mengesahkan paket stimulus ekonomi dengan anggaran 825 miliar dollar AS untuk berbagai proyek dan program pemerintah, terutama infrastruktur. Namun yang menyedihkan, proyek-proyek itu juga harus menggunakan produk, bahan-bahan, dan sumber daya AS sendiri.

Sampai sejauh ini, yang sudah pasti akan terkena hambatan ialah aneka macam produk baja dan besi. Namun, Deputi Menteri Koordinator Perekonomian bidang Industri dan Perdagangan Edy Putra Irawady yakin, RUU itu pasti akan mengenai juga produk manufaktur lainnya.

Otomatis, kebijakan ini akan memukul ekonomi dunia dan mempengaruhi berbagai industri yang berorientasi ekspor di banyak negara, termasuk Indonesia. “Di sini, yang akan terpukul adalah komoditas yang bersaing bebas seperti tekstil,” kata Edy.

Itu sebabnya, pemerintah Indonesia bersama negara anggota G-20 lainnya sedang memantau dengan serius proses pembahasan RUU ini di Kongres AS. Kalau hasil akhirnya ternyata merugikan, “Kami akan merilis kesepakatan bersama dengan negara G-20 lain untuk memprotes,” kata Eddy.

Ketua Umum Gabungan Asosiasi Perusahaan Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (Gamma) Ahmad Safiun mengatakan, ekspor produk besi ke AS tidak besar dan hanya untuk bahan baku cor. Walaupun demikian, hal ini harus menjadi pelajaran bagi Indonesia, karena terbukti AS pun berusaha melindungi industri dalam negerinya.

Wakil Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia Ade Sudrajat menyatakan pemerintah harus memprotes keras RUU tersebut. Hambatan ekspor akan memukul industri tekstil karena ekspor ke AS tahun lalu mencapai 35 persen atau senilai 3,5 miliar dollar AS, dari jumlah total ekspor tekstil Indonesia 10,8 miliar dollar AS.

Sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: