Harga BBM turun lagi

JAKARTA — Seiring dengan terus turunnya harga minyak mentah di pasar internasional, Pertamina kembali menurunkan harga bahan bakar minyak nonsubsidi per 1 Januari 2009.

Menurut juru bicara PT Pertamina (Persero), Anang Rizkani Noor, harga Pertamax untuk wilayah pemasaran Jakarta, Banten, dan Jawa Barat turun dari Rp 6.500 menjadi Rp 5.925 per liter.

Sedangkan harga Pertamax Plus turun dari Rp 6.800 menjadi Rp 6.400 per liter. “Pertamax Plus turun Rp 300 hingga Rp 400,” kata Anang di Jakarta kemarin.

Harga Pertamax Dex di wilayah pemasaran ini juga turun sebesar Rp 1.000, yakni dari Rp 7.300 menjadi Rp 6.300 per liter. Sedangkan Biopertamax turun dari Rp 6.500 ke Rp 5.925 per liter.

Harga bahan bakar di dalam negeri, baik yang sudah tak lagi disubsidi maupun yang masih disubsidi pemerintah, selama sebulan terakhir mengalami perubahan.

Terus merosotnya harga minyak mentah di pasar internasional memang menjadi alasan ikut disesuaikannya harga bahan bakar di dalam negeri. Pemerintah pun ikut tergiur menurunkan harga bahan bakar minyak yang masih disubsidi.

Harga premium, misalnya, sudah diturunkan dua kali, dan solar satu kali. Per 1 Desember, harga premium turun menjadi Rp 5.500 dan per 15 Desember turun lagi menjadi Rp 5.000 per liter. Sedangkan solar baru turun satu kali dari Rp 5.500 menjadi Rp 4.800 per liter mulai 15 Desember 2008.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro, Selasa lalu, mengatakan pemerintah akan kembali mengumumkan harga premium dan solar yang baru pada pertengahan bulan ini. Tentu saja dengan melihat perkembangan harga minyak mentah di pasar internasional.

Sumber : korantempo.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: