Hak Cipta Popeye Menjadi Milik Umum

Ikon kelasi yang keranjingan dengan bayam, Popeye, akan menjadi milik umum ketika hak cipta yang dimiliki oleh kreatornya dipastikan berakhir, pada Kamis (1/1).

Elzie Segar, seniman yang menciptakan karakter Popeye, kekasihnya Olive Oyl, dan musuh bebuyutan mereka Bluto, meninggal dunia di usianya yang ke-43 pada 1938 dan sebuah undang-undang Uni Eropa akan melindungi hak cipta selama 70 tahun setelah kematian pemiliknya.

Berakhirnya hak milik tersebut berarti mulai Kamis ini siapa saja boleh mencetak dan menjual poster Popeye, kaos, bahkan dapat menciptakan serial komik terbaru tanpa membayar royalti dan takut dituntut.

Setiap tahun hasil penjualan dari pernak-pernik Popeye berhasil mengumpulkan sedikitnya 1,5 miliar poundsterling (Rp 24,4 triliun). Demikian seperti yang dilaporkan The Times.

Nmaun, hak cipta Popeye masih dilindungi di Amerika Serikat hingga 2024 berdasarkan undang-undang negara tersebut yang melindungi hak cipta seseorang selama 95 tahun setelah kematian pemiliknya.

Segar melukis Popeye dengan pipa tato jangkar kapal yang mengalami penganiayaan Bluto. Memakan bayam menjadikan Popeye sebagai pahlawan yang memiliki otot sekuat besi yang kebal peluru.

Sumber : tempointeraktif.com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: